Sekitar
bulan Februari 2013, ketika berkutat mengatasi masalah kebocoran yang
disebabkan saluran mampet, saya pernah kebingungan untuk melepas panel grill
atas, yang letaknya di depan kaca mobil depan.
Saking
bingungnya, sampai punya pikiran untuk melepas kap mesin, padahal sebenarnya tidak
perlu sampai sejauh itu.
Untungnya
pada saat itu, via telepon, pak Yan memberikan tips dan triknya seputar
bagaimana cara membuka ‘panggangan sate’ (istilah yang saya tahu dari pak Yan)
ini.
Terima
kasih, pak Yan, atas bantuannya jarak jauhnya.
Karena dua Ahad lalu ada kepentingan untuk kembali membuka si ‘panggangan sate’ ini, maka sekalian
saja saya buat tulisan. Barangkali ada yang membutuhkan.
Tahapan
melepas;
1. Lepas 2 sekrup luar di ujung
atas, kanan & kiri.
2. Lepas tangkai wiper.
Buka mur luarnya. Pakai kunci pas 13. [ Hati-hati, karet
penutupnya mungkin sudah agak getas, karena usia].
4. Buka 5 sekrup dalam.
- 3 sekrup berada di posisi tengah. [Marzo cuma terpasang 2, karena satu dudukan lagi sudah somplak].
- 2 sekrup lagi ada di pinggir atas, kanan dan kiri.
5. Panel dilepas perlahan-lahan ke arah depan mobil, atau ke arah mesin, melalui kolong lekukan kap mesin.
[Di sinilah dulu saya pernah mengalami kesulitan. Saat itu, saya mencoba menarik panel ke arah belakang, atau ke arah kaca depan. Tidak pernah berhasil, karena kedua ujung panel selalu tertahan/nyangkut pada kap mesin. Di-info-kan oleh pak Yan, ternyata panel malah ditarik ke arah sebaliknya. Se-sederhana itu ternyata solusinya… hehe…].
6. Lepas selang air wiper.
Tahapan
memasang;
7. Kebalikan dari melepas,
panel masuk dari arah kaca depan ke arah mesin.
8. Bersamaan dengan
pergerakan panel, pangkal wiper harus dimasukkan ke lobang.
9. Kalo panel sampai
kelolosan, atau maksudnya pangkal wiper belum masuk lubang tapi panel sudah melewati batas
kap mesin, maka diulang lagi langkah-langkah (no.7 & 8) di atas.
10. Setelah mendarat dengan
manis di posisinya, jangan lupa selang air wiper dimasukkan ke ujung
nozzle-nya yang berada di balik panel grill.
[Ini jangan sampai terlewatkan. Mungkin karena faktor ‘U’, saya pernah sudah sampai di tahap mengencangkan semua sekrup dalam, baru teringat kalau
selang belum dipasang.]
11. Semua sekrup dalam,
kemudian sekrup luar, dipasang kembali.
12. Wiper dan teman-temannya
dipasang kembali.
Selesai.
////
No comments:
Post a Comment