Wednesday, May 21, 2014

Masalah Master Kopling Atas

"Mobilnya kenapa?"

Kemarin pagi, sebelum berangkat kerja, Ibu bertanya seperti itu ke saya.

Sabtu lalu, saya mendapati genangan minyak rem/kopling di karpet kabin pengemudi.
Nggak kayak biasanya. Bukan sekedar basah lagi, tapi sudah jadi genangan.
Curiga, lalu saya cek tempat minyak kopling.
Wow... minyaknya surut lebih banyak dibanding sebelum-sebelumnya. Mau kosong malahan.


Masalah pada master kopling atas ini sebenarnya sudah muncul sejak akhir Maret lalu.
Dari cuman tetesan se-emprit di area bawah stir.
Lalu tetesan makin sering, sampai mesti naruh lembaran koran di bawah pedal.


Kemudian, karena sempat mengalami kaki selip saat nginjek pedal yang licin akibat minyak, maka saya tambahin lagi kain-kain bekas buat ngelap kaki saat kaki nganggur. [Terbayang, nggak? Begini... Jadi saat kaki kiri saya nggak nginjek pedal kopling, yang diinjek adalah kain itu... hehe...].

Sejak masalah muncul, tempat minyak kopling pun mesti di-inspeksi setiap mau jalan.
Dan, 99% pasti nambahin.

Solusinya bagaimana?
Ya, harus dibongkar. Semoga saja cuma karetnya saja yang robek, atau aus.
Cuman masalahnya, saat dibongkar, alangkah baiknya spare parts pengganti juga sudah siap.
Saya sudah tanya ke IF & RM, ternyata stok lagi kosong.

Kebetulan, di waktu yang sama, sempat ada member milis bertanya kasus yang sama.
Ada yang nyahut, kalo master kopling itu bisa diganti pakai punya-nya Elf, tapi mesti ada penyesuaian dudukan. Weleh...
Saat ini, saya mending nunggu sampai stok ada saja. Sebisa mungkin "Ricambi Originali".  :)

Jadi begitulah ceritanya.
Marzo di-grondit-kan, entah sampai kapan.
Mungkin, kalo buat jarak-jarak dekat saja, saya masih berani pakai.


UPDATE:
Status grondit dicabut pada 2 minggu setelahnya.  :)


////

No comments:

Post a Comment